Rabu, 16 Juli 2008

Menulis Semakin Mudah

Betapa sulitnya ketika kita mulai menulis dengan tulisan tangan. Ada yang lebih beruntung bisa menulis menggunakan mesin ketik manual atau mesin ketik listrik. Ada kendala menulis dengan kedua cara ini. Karena ada jarak antara mengalirnya ide dankecepatan menuangkan ide kedalam tulisan. Pikiran berjalan lebih cepat sementara kemampuan mencatat berjalan sesudahnya dengan proses yang lebih lambat. Ada kesenjangan. Tidak heran kita menemukan banyak coretan atau terkadang banyak kertas yang dibuang sia-sia. Hal semacam ini tentu sangat tidak ekonomis terutama di masa yang semakin susah ini. Pada masa lalu kertas murah, Indonesia memiliki hutan kayu tropis terluas di bumi untuk menghasilkan pulp bagi industrti kertas. Tetapi kini banyak bukit dan area hutan sudah gundul. Persediaan pulp terbatas. Kertas menjadi semakin mahal.

Teknologi komputer memberikan solusi. Dengan komputer kita menjadi semakin mudah menulis dan menyimpan tulisan. Hampir semua tulisan yang tersimpan dalam komputer dan kita bisa mengedit atau memperbaikinya baik dari segi isi maupun kesalahan cetak.

Media latihan menulis semakin banyak. Ada berbagai media seperti jurnal, majalah, koran, bah kan buku merupakan media untuk menuangkan pemikiran dan ide-ide kita. Menulis itu sendiri menjadi ajang pengakuan profesi. karena melalui tulisan kita bisa memberikan penjelasan tentang keahlian bidang khusus kita. Dengan menulis keahlian dapat dikembangkan dari pada sekedar kita membaca atau melakukan diskusi.
Media yang paling ideal saat ini adalah media blog. Saya sebenarnya tidak pernah menulis sampai saya mulai mengenal blog. Saya masih ingat blog seorang penulis blog Indonesia yang mendunia Jennie S. Bev. Saya belajar membaca blog dia. Kemudian saya merasa berhutang budi pada Fatih Suhud, seorang blogger yang saya petik bagaimana tahap membuat blog. Saya kemudian membuat sebuah blog di Google, kini saya menulis dengan menggunakan Wordpress.
Menulis sungguh makin mudah. Dan saya menikmati kemudahan itu. Ada sarana untuk menulis dengan sarana yang relatif lebih murah . Menulis dan terus saja menulis. Anda bisa jadi Penulis.

Tidak ada komentar: